Sebelumnya kita ketahui dulu apa itu 3G dan apa itu 4G

00.24 Rekan Bunda 0 Comments

Sebelumnya kita ketahui dulu apa itu 3G dan apa itu 4G

Nah jika kamu masih menggunakan jaringan 3G, maka seharusnya mengetahui apa itu 3G. Kata lain atau kepanjangan dari 3G adalah (Third Generation Technology) atau biasa dituliskan W-CDMA/UMTS yang berartikan Generasi ketiga dari perkembangan teknologi nirkabel.

Jika di CDMA 3G sebanding dengan EVDO (Evolution Data Optimazed). 3G memiliki fasilitas setingkat lebih tinggi dari EDGE.

EDGE hanya bisa browsing, email, MMS, kalau layanan 3G bisa video streaming, video calling, dan conference. Secara teorinya, kecepatan internetnya sekitar 480kbps.

Nah lebih bagus 3G kan? tetapi tunggu dulu bun,... kita ketahui juga tentang 4G yang baru-baru masuk ke Indonesia, dan telah banyak kalangan menengah ke atas menggunakannya.

4G kepanjangan dari Fourth Generation Technology atau sering disebut sebut juga LTE Advanced. Ini merupakan pengembangan dari teknologi 3G.

Jika di Institure of Electrical and Electronics Engineers, 4G sama dengan 10G and beyond. Sejauh ini belum ada definisi formal untuk 4G. Tingkat kecepatan 4G sangat kencang, bahkan bisa 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam ruangan maupun luar ruangan.

Ada dua kandidat standar untuk 4G dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX dari negara asal Korea Selatan sejak 2006 dan standar Long Term Evolution atau biasa disebut LTE ini dari Swedia sejak 2009.

Nah kapan masuk ke Indonesia?
WiMAX pertama kali diluncurkan oleh PT. FirsMedia dengan merek dagang Sitra WiMAX sejak tahun 2010, namun ini belum terlalu memasyarakat untuk di Indonesia pada tahun tersebut.

LTE pertama kali diluncurkan oleh PT.Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE sejak 14 November 2013.  Kini merambat diberbagai provider dan semakin meningkat pesat.

Jadi hidup jaman sekarang sangat asik bunda, lebih cepat lebih kencang dan lebih fleksibel waktu. Komunikasi dan informasi lebih lancar. Dan lebih penting lagi sangat baik bagi bisnis online.