10 Nama-Nama Malaikat dan Tugas-Tugasnya

18.52 Rekan Bunda 0 Comments

10 Nama-Nama Malaikat dan Tugas-Tugasnya
Rekan Bunda - Malaikat adalah Makhluk ciptaan Allah yang diberi keistimewaan dan wewenang tertentu, sangat berbeda dengan manusia. Manusia memiliki nafsu, namun malaikat tidak memiliki nafsu.

Ketika Allah memerintahkan malaikat dan iblis untuk bersujud (memberi hormat) kepada Nabi Adam, malaikat langsung menuruti perintah Allah, tetapi iblis justru sebaliknya.

Berikut sepuluh nama-nama Nabi yang perlu umat islam ketahui karena mengimani malaikat juga termasuk menjadi salah satu rukun islam, yaitu tepatnya rukun Iman yang kedua.

1. Jibril
Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu. Jadi, para Nabi dan Rasul menerima wahyu berdasarkan perantara malaikat Jibril. Ketika Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu AL Quran dengan yang pertama kali adalah surah AL Alaq maka perantaranya juga Malaikat Jibril. Jibril menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi dan Rasul ke dunia.

2. Mikail
Tugas Malaikat mikail adalah membagikan rezeki dari Allah kepada seluruh umat yang ada dipenjuru dunia ini. Rezeki yang dimaksud tidak selalu berupa uang atau materi, melainkan bisa juga kesehatan, keluarga sholeh dan sholehah, kedamaian hati dan sebagainya.

3. Israfil

Israfil adalah malaikat yang kelak bertugas meniup sangkakala terompet ketika hari kiamat tiba. Hari kiamat itu sendiri merupakan suatu yang wajib kita imani sesuai dengan Rukun Iman yang keenam, atau rukun iman yang terakhir. Nah, malaikat Israfil ini mempunyai peran yang besar dalam hadirnya hari kiamat.

4. Izrail

Malaikat Izrail bertugas pada kiamat kecil, yaitu pada hari kematian seseorang. Malaikat Izrail mempunyai tugas untuk mencabut nyawa. Kita harus mempercayai bahwa setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Maka kita harus senantiasa membekali diri karena kematian datangnya kita tidak tahu pasti kapan dan di mana, hanya Allah yang tahu.

5. Munkar

Malaikat Munkar bertugas ketika kita ada di alam kubur, yaitu menanyakan tentang amal kita selama kita masih hidup di dunia.

6. Nakir

Begitu juga dengan Malaikat Munkar, Malaikat Nakir mempunyai tugas yang sama berupa menanyakan amal perbuatan kita di dunia.

7. Raqib
 
Sebagai manusia, tentu kita pernah melakukan perbuatan baik maupun buruk, terlepas apakah itu sengaja atau tidak sengaja. Nah, salah satu dari nama nama malaikat juga bertugas untuk mencatat setiap amal baik kita di dunia, dia adalah Malaikat Raqib.

8. Atid
 
Jika Malaikat Raqib mencatat amal baik, maka Malaikat Atid mencatat amal-amal buruk kita selama di dunia. Malaikat Atid berada di sebelah kiri dan Malaikat Raqib di sebelah kanan.

9. Malik

Malaikat Malik mempunyai tugas menjaga sesuatu yang menakutkan bagi kita, yaitu neraka. Sebagai umat Islam tentunya kita ingin mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah, ketika kita kembali padaNya nanti. Nah, ternyata Malaikat Malik ini menjaga neraka.

10. Ridwan
 
Berkebalikan dengan Malaikat Malik, bahwa Malaikat Ridwan bertugas menjaga surga. Surga adalah tempat impian terbaik kita.

Dari nama nama malaikat tersebut yang wajib kita imani, maka juga sudah selayaknya kita juga meng-imani tugas-tugas mereka, baik tugas menyangkut bagaimana kita di dunia maupun tugas yang menyangkut ketika kita sudah mati nanti. Jika sudah demikian, maka kita sudah dapat mengira-ira amal-amal kita akan dicatat oleh malaikat siapa atau nanti ketika di alam kubur sana kita akan ditanya oleh malaikat siapa.

Nah itulah nama-nama malaikat yang perlu kita ketahui. Mengetahui namanya dan tugas-tugasnya yang sesuatu saat nanti akan kita ketahui lebih dalam.

Jangan lupa tinggalkan komentar atau nasehat, kita wajib untuk saling nasehat menasihati.