Anak Sulit Menghafal Materi Pelajaran? Terapkan Tips ini

02.21 Rekan Bunda 0 Comments

Anak Sulit Menghafal Materi Pelajaran? Terapkan Tips ini
Anak-anak kita sulit menghafal, coba bantu dia lalu utarakan tips berikut agar dia lebih cepat menghafal. Selain itu rekan bunda juga harus tahu kondisi anak, sangat dibutuhkan bimbingan dan jaga perasaan dia. Jadilah teman curhat mereka. Menjadikan anak selayaknya sahabat

1. Cari Tempat Favorite
Tempat dimana kamu paling sukai dan membuat otak kamu lebih mudah mengingat, seperti di bawah pohon kayu, di ayunanan, di halaman rumah, di dalam kamar, di sudut favorite, atau dimana saja yang kamu sukai. 

Terkadang juga disertai dengan alunan music atau bagi kamu yang suka dengan tempat sepi, carilah tempat yang sejuk dan jauh dari suara pihak kedua.

2. Menghafallah pada saat yang tepat
Bukan menghafal disaat hati kamu sedang galau, atau lagi ada masalah, seperti putus cinta, atau lagi berantem dengan sahabat, hal ini biasa sering terjadi di kalangan remaja. Hindari konflik dengan keluarga saat ada hafalan.

3. Menghafal dengan gerakan-gerakan kecil
Cobalah menghafal sambil bolak-balik seperti setrikaan gituw  hehhe. Jangan pernah menghafal materi pelajaran dengan membagi konsentrasi, hal ini akan menjadikan rugi waktu.

4. Makan makanan bergizi
Konsumsi jenis makanan yang dapat merangsang otak seperti susu, telur, ikan, kerang, kacang, millet, jagung, lily, lada, bayam, jeruk, teh, nanas, wortel, alpukat, kubis, jamur, aprikot, anggur, dan blueberry. Hindari makanan junkfoods karena hanya dapat melemahkan daya ingat. 

5. Konsentrasi dan fokus
Cara meningkatkan konsentrasi tentunya harus fokus. Nah bagaimana agar bisa fokus? Tentu niat dan ingat tujuan dari hafalan tersebut. Hafalan harus dipahami dan di terapkan. 

Semoga ke lima tips diatas membantu kalian dalam menghafal mata pelajaran. Usahakan tidur yang cukup, jangan kelebihan atau kurang tidur. 

**Semoga suksess