Kalender Puasa Sunnah Sekaligu Puasa Wajib 2017

00.23 Rekan Bunda 0 Comments

Bagi yang sering berpuasa pasti tahu hari-hari dimana kita berpuasa sunnah. Puasa sunnah memang tidak wajib, tapi berupaya untuk mengumpulkan pahala semasa masih hidup. Kelak buat bekal kita saat pulang nanti.

Tidak semua hari kita bisa melakukan puasa sunnah ada juga hari yang dimana kita diharamkan untuk berpuasa. Tidak semua pula hari baik untuk berpuasa melainkan ada hari-hari istimewa Allah kita dapat berpuasa agar pahala kita  berlipat ganda.

Mari kita lihat tampilan kalender puasa sunnah sekaligus puasa wajib 2017 berikut, amatilah warna dan harinya.
Sunggu besar pahala orang-orang yang sering melakukan puasa sunnah, semoga kita bukan termasuk orang yang mengabaikan hari puasa sunnah.

Menurut Alquran dan Hadist, ada beberapa keutamaan puasa sunnah :

1. Puasa senin dan kamis
Puasa sunnah senin dan kami merupakan hari dimana amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Allah.

2. Puasa pada bulan harom (bulan yang dihormati)
Bulan harom adalah bulan yang dihormati seperti bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rajab. Pada bulan harom ini dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk salah satunya yaitu ibadah puasa.

3. Puasa Sya'ban
Keutamaan puasa sya'ban adalah dimana hari itu semua amal diangkat kepada Maha Pencipta semesta alam (HR.An-Nasa'i & Abu daud, hasan)

4. Puasa Assyuro'
Hari Assyuro' adalah hari kesepuluh di bulan Muharrom. Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Assyuro' tersebut lalu mengiringnya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnya.

5. Puasa hari arofah
Puasa arofah adalah puasa pada hari ke-9 Dzulhijjah. Keutamaannya adalah bagi yang mengamalkan puasa ini akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datan (HR.Muslim). Dosa yang dimaksud adalah dosa-dosa kecil.

6. Puasa sepulu hari pertama bulan Dzulhijjah
Maksud dari puasa ini yaitu puasa di sembilan hari yang pertama dari bulan dzulhijah, tidak termasuk hari yang kesepuluh. Seperti yang kita ketahui bahwa hari ke-10 adalah hari raya kurban dan diharamkan untuk berpuasa.

7. Puasa enam hari di bulan syawal
Puasa enam hari dibulan syawal memiliki keutamaan tertentu, hal ini sebagian besar muslim mengetahuinya. Nah keutamaan dari puasa syawal ini adalah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR.Muslim)

Silahkan save kalender puasa sunnah 2017 yah di pajang baik-baik agar kita mudah mengingat jika hari istimewa telah tiba.